RSS

S@kur@ H@runo

Sakura Haruno
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Haruno Sakura

Sakura Haruno.
Debut Manga Bab 3
Anime Episode 1
Pengisi suara
(versi bahasa Jepang) Chie Nakamura
Profil
Umur 12-13 di Bagian I
15-16 di Bagian II
Tanggal lahir 28 Maret
Desa Konohagakure (Desa Daun Tersembunyi)
Golongan darah O
Warna mata Hijau
Warna rambut Merah muda
Tinggi 150 cm cm
Berat 45 kg kg
Rekan Hatake Kakashi, Uzumaki Naruto, Uchiha Sasuke, Sai, Yamato
Informasi
Tingkatan Chunin
Jutsu / Kekkei genkai

Kawarimi no Jutsu

Sakura Haruno (春野サクラ, Haruno Sakura?) adalah salah satu karakter fiksi dari manga dan anime Naruto. Sakura merupakan salah satu tokoh utama dalam cerita tersebut. Dalam cerita, ia digambarkan sebagai gadis yang tergila-gila pada Sasuke Uchiha, rekan satu timnya.
Daftar isi

Latar belakang
Perhatian: Bagian di bawah ini mungkin akan membeberkan isi cerita yang penting atau akhir kisahnya.

Haruno Sakura adalah seorang shinobi perempuan paling terdepan dari Konohagakure. Sakura Haruno selalu dipuji oleh semua guru pembimbingnya karena kepintaran dan kontrol cakranya yang sempurna. Ia, seperti kebanyakan gadis Konohagakure lainnya menyukai dan menaksir Sasuke Uchiha, ninja kalem yang dingin dan pendiam. Sosoknya adalah seorang yang berkeinginan membalas dendam pada kakaknya, Itachi Uchiha, yang membunuh klan Uchiha kecuali Sasuke. Sakura yang sangat populer di kalangan anak-anak Konohagakure ini juga disukai banyak ninja lelaki, khususnya Naruto Uzumaki. Sakura pun sudah bosan akan kefanatikan Naruto kepadanya. Dia mulai melayangkan pukulan tanpa segan-segan kalau menurutnya Naruto sudah mulai "kumat" atau mulai menganggap dia dan Sakura pacaran atau kencan. Sakura tidak suka pada sikap Naruto yang kekanak-kanakan dan suka melakukan jutsu-jutsu seksi yang sebenarnya berguna, seperti "Sexy No Jutsu". Sakura juga sebal akan sikap Konohamaru, cucu Hokage ke-3, yang mengikuti jejak penyuka-perempuan-seksi Naruto. Jurus andalan Sakura dalam Naruto The Movie adalah Sakura Fubuki no Jutsu.

Ketika lulus akademi, Sakura, Sasuke, dan Naruto dimasukkan dalam tim 7 di bawah bimbingan Kakashi. Mereka diberi ujian yang sangat sulit, dan dengan tekad Naruto, mereka bisa melewati ujian tersebut. Tim 7 pun mulai menjalankan misinya sebagai ninja Konoha. Sakura selalu memuji Sasuke yang ditanggapinya dengan dingin. Dia juga tidak suka dipuji oleh Naruto. Di negara Nami, Sakura berjuang mati-matian melindungi arsitek pembangun yang hebat.

[sunting] Masa kecil

Sakura adalah anak perempuan yang sangat tak percaya diri ketika masih kecil. Dia malu karena berdahi lebar. Meski guru-guru menyukai kepandaiannya, dia sangat pemalu akan dahinya. Lalu Ino Yamanaka membangkitkan rasa kepercayaan dirinya dengan pita merah untuk mengatur poninya yang panjang. Sakura menjelma menjadi gadis yang pe-de dan populer dari saat itu. Ino jadi marah dan irir hati, namun berusaha menyembunyikan rasa campuran antaran ingin menjaga persahabatan mereka dan iri serta kagum. Akan tetapi, itu tak bertahan lama karena ketika Sakura menyukai Sasuke, Ino mulai menyukai Sasuke juga. Demi menjaga agar mereka tak saling melukai hati, Sakura minta agar persahabatan mereka diputuskan dan ketika mereka lulus sekolah, Sakura mengembalikan pita yang diberi Ino padanya. Dengan pita merah itu, mereka resmi rival. Kesukaan Sakura pada Sasuke mulai meningkat dari kekaguman menjadi cinta, namun Ino belum menyadari bahwa Sakura benar-benar cinta pada Sasuke dan menganggap kalau ketertarikannya pada Sasuke adalah cinta sejati. Sasuke sebaliknya, tak memedulikan tingkah laku konyol Ino yang centil dan egois, kebalikan dari Sakura. Ia juga acuh akan keanggunan Sakura (dibalik nuraninya) pada anak-anak lain dan dia sendiri (kecuali Naruto, yang bagi Sakura pembasmi waktu bersejarahnya dengan Sasuke).

Part I

Dalam misi awalnya ke negara Nami, tim 7, termasuk Sakura diberi misi untuk mengawal Tazuna, seorang arsitek dari negara tersebut. Tetapi di tengah jalan mereka diserang oleh Zabuza Momochi dan Haku. Untunglah Kakashi berhasil menghalau mereka, tetapi menderita luka yang cukup parah.

Waktu berlalu dan ujian Chunin pun dilaksanakan. Tim 7 direkomendasikan untuk mengikuti ujian ini.
Part II
Menyelamatkan Gaara

Setelah dua setengah tahun berlalu, Sakura dan Naruto kembali masuk ke tim 7 untuk menjalankan misi. Mereka langsung diberi misi tingkat A untuk memberi bantuan untuk negara Suna yang sedang kehilangan Gaara, Kazekage mereka. Sesampainya di negara Suna, mereka menemui Kankurou yang berada dalam kondisi kritis setelah bertarung melawan Sasori, salah satu anggota Akatsuki. Racun yang menyebar di dalam tubuh Kankurou, yang berasal dari salah satu boneka buatan Sasori merupakan racun yang langka dan mematikan sehingga tim medis negara Suna tidak dapat mencari penangkalnya. Sakura akhirnya berhasil menyembuhkan Kankurou dengan obat penawar racunnya, dan mendapatkan kehormatan tak terduga dan tak terhingga dari Sunagakure. Sakura lalu melanjutkan perjalanan untuk menyelamatkan Gaara, bersama Naruto, Kakashi, dan Nenek Chiyo yang tidak lain adalah nenek dari Sasori. Cerita berlangsung, hingga pada akhirnya Sakura bekerja sama dengan Nenek Chiyo untuk mengalahkan Sasori. Nenek Chiyopun mempercayai Sakura karena kemiripan sifat dan sikap mereka. Itulah sebabnya pada akhir cerita Chiyo memberikan nasihat pada Sakura untuk menjadi ninja medis sejati dan hebat seperti dia dan Tsunade, gurunya yang juga mempercayai hidupnya pada Sakura dan Shizune, muridnya.

Sementara itu, Naruto dan Kakashi mengejar Deidara yang membawa Gaara. Pada saat itu, Gaara sudah tidak bernyawa karena Shukaku telah diambil oleh tim Akatsuki dengan jutsu mereka. Sakura dan Nenek Chiyo yang berhasil mengalahkan Sasori, kemudian menyusul Naruto dan Kakashi yang telah mendapatkan kembali Gaara dari Deidara yang melarikan diri, setelah tangannya putus karena Mangekyou Sharingan Kakashi. Di akhir cerita, nenek Chiyo meninggal karena membagi chakranya untuk memberikan kehidupan bagi Gaara, kazekage di negara Suna.

[sunting] Pencarian Sasuke

Karena kelelahan menggunakan Mangekyou Sharingan, Kakashi tidak bisa melaksanakan misi sehingga harus digantikan oleh Yamato untuk sementara. Tetapi yang paling mengganggu Sakura adalah pengganti Sasuke yaitu Sai. Tim 7 lalu ditugaskan untuk menemui mata-mata Sasori di jembatan Tenchikyo. Di perjalanan Sai, Sakura, dan Naruto diancam akan dimasukkan ke kandang jika tak bisa mengakrabkan diri dan menjalin kekompakkan oleh Yamato. Akhirnya mereka berempat sampai ke jembatan Tenchikyo dan langsung diserang Kabuto dan Orochimaru.

Konfrontasi Akatsuki

Sakura hanya muncul sebentar di bagian ini. Dia datang sebagai tim bantuan tim Kakashi bersama Yamato, Naruto dan Sai. Sakura akhirnya bisa akur dengan Sai yang menghargai bantuan Sakura untuk memberikan perasaan padanya. Sakura dengan mudah akur dengan Kapten Yamato, sejak dia dan Sai akrab. Dia dan Sai bertugas mencari Shikamaru dan membantunya, namun terlambat karena Shikamaru sudah mengalahkan Hidan, anggota baru Akatsuki yang membunuh guru Asuma, guru kesayangan dan idolanya.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar